Senin, 20 Desember 2010

9 jam dalam Perahu Kertas


Gw terima sebuah PERAHU KERTAS berwarna hijau berbalut amplop tiki bersama sepucuk surat yang ditulis tangan rapih, menggunakan kertas concord berwarna cream dan diterai tanggal 13 Januari 2010 . Perahu Kertas yang akhirnya berada dalam genggaman gw hasil dari pemaksaan pada seseorang yang hingga detik ini belum sekalipun gw lihat batang hidungnya.
Nyaris 9 jam gw terombang ambing di dalam "Perahu kertas" yang mengaduk aduk emosi hingga ke titik paling emosional yang pernah gw rasakan. Ini adalah kali kedua gw membiarkan diri gw larut seutuhnya dalam Perahu Kertas yang tebalnya nyaris 5 cm. Kali kedua pula dimana gw tak sadar menangis sesunggukan didalamnya.

Kennan yang dalam darahnya mengalir deras darah pelukis adalah setengah Indonesia setengah Kompeni (baca: Belanda) terjembab dalam Perahu Kertas milik Kugy. Kugy membuatnya jatuh cinta pada pandangan pertama ketika kali pertama kakinya menginjakkan telapak kakinya di Bandung.
Kugy, perempuan dengan sejuta keanehan dengan selera fashion eksentrik termasuk mimpinya yang tergolong ajaib, menjadi penulis dongeng. Walau telah mentasbihkan cintanya pada Ojos, mematahkannya di tahun kedua perjalanan cinta mereka dan membelokkan hatinya kemudian pada sosok Kennan, sahabatnya, sosok yang telah mengilustrasikan buku dongengnya menjadi lukisan-lukisan indah benyawa.

lalu ketika dirasa cinta tak berbalas?

Kennan kemudian menakodahi Perahu Kertasnya sendiri hingga Ubud, tidak semata-mata untuk membuktikan pilihannya yang dapat hidup dari melukis, tapi lebih dari itu, Kennan mungkin ingin menguji seberapa dalam perempuan eksentrik bin aneh tersebut telah mengobok-obok dasar hatinya hingga terjembab tak berdaya dalam cinta yang sekusut benang. Dalam kenestapaannya Kennan lahir bersama Jenderal pilik dan pasukan Atit dengan Ludeh disisinya. Tak pelak Kennan menjadi buruan para kolektor lukis ulung dari penjuru negeri tak terkecuali Remi.

Perahu Kertas terus melaju mencari muaranya.....

Every night in my dreams
I see you. I feel you.
That is how I know you go on

Far across the distance
And spaces between us
You have come to show you go on

Near, far, wherever you are
I believe that the heart does go on

Dalam kesedihan yang mendalam, Kugy terus berlayar bersama Perahu Kertasnya lalu bermetamorfosa ketika berhasil menyelesaikan studinya hanya dalam waktu 3 tahun dan bekerja disebuah biro iklan AdVocado di Jakarta dan mematahkan sekian banyak hati perempuan ketika The Most Wanted, Remi yang tak lain dan tak bukan adalah atasannya sendiri terdapuk menjadi kekasihnya.

Perahu Kertas terus bergulir bersama waktu yang terus mematang, Kennan kembali pulang. Kelompon capir kembali bersama setelah nyaris tiga tahun tercerai berai. Cinta yang telah lama terpisah oleh jurang dalam kembali tersingkap sempurna dengan kondisi berbeda.

Once more you open the door
And you’re here in my heart
And my heart will go on and on

Love can touch us one time
And last for a lifetime
And never go till we’re one

Love was when I loved you
One true time I hold to
In my life we’ll always go on

Kugy dan Remi, Kennan dan Ludeh terjebak dalam cinta tak berujung, dan ketika harus memilih kemana hati kemudian akan berlabuh?

Perahu kertas



Perahu Kertas bangun dan menggeliat kembali dari tidur panjangnya yang nyaris sebelas tahun. terbit pertama kali dalam versi digital pertama di Indonesia tahun 2007 dan kemudian lahir dalam bentuk cetakan tinta dan kertas pada tahun 2009.

ini adalah karya ke 6 Dee yang sebelumnya terkenal dengan karya sastranya yang telah mengakar, namun ini adalah karya novel populer pertamanya. sebuah masterpies yang mampu mengobok-obok emosi pembaca dengan alur dan plot yang ngena. ringan namun tak seringan tinlit, berat namun tak seberat karya sastra walau didalamnya terselip beberapa bahasa sastra yang indah.

Perahu kertas lahir dengan tokoh bak bernyawa. walau membacanya hingga 2 kali, perahu kertas tetap sukses membuat gw termehek-mehek najis.

21 komentar:

SANDRA AZWAN: Fashion Designer mengatakan...

Hello Fai.....kamu sihat?

fai mengatakan...

@Sandra: alhamdulilah sehat azwan :D

cipu mengatakan...

Fai, ini novel gua dapetin pas launching pertamanya. Emang keren, gua suka banget......

Dan yang perlu lu tahu, Dee membuat ini hanya dalam waktu 60 hari. Hebat nggak tuh? GUa langsung makin kagum deh sama Dee.

Gua sejak "Supernova" Ksatria Putri dan Bintang Jatuh emang sudah jadi fans beratnya Dewi Lestari.....

She is an awesome writer.... Gua vcuman kurang suka sama satu karyanya: Roctoverso.

Mantap mentong ki ini buku nah

ReBorn mengatakan...

jadi sangkin bingungnya semalem, lu sampe baca ulang ni buku? good....dog! buehehehe...
sini gue pinjem... :p

AuL OwL mengatakan...

Wow, Bang Fai...

Nggak akan ada yang menyangka, postingan ini ditulis seorang lelaki aneh...
touchy bangett...

I'm touchy...

:)

keren bang

dv mengatakan...

pernah baca riviewnya juga tp belum pernah baca bukunya..hahaha :D

Ewi mengatakan...

jadi pengen juga baca bukunya... tp sapa yg berbaek hati minjemin yahhh

Skydrugz mengatakan...

bukunya dee mmg keren coy,..

apalagi yg supernova:petir

Kantong Plastik mengatakan...

yahaa.. review buku ternyata.
aku lagi mau baca buku ini. jad ga sabaran cepet2 memulainya. ;p

Yolizz mengatakan...

aku jug atermehek-mehek gara2 perahu kertas.. dan aku merasa kasihan ama Ludeh, dia seakan kayak jadi pelariannya Keenan dari Kugy :(

Adi Chimenk mengatakan...

recommended..!! walopun gw belum baca.. (hehehe..)

fai mengatakan...

@cipu: ho oh dasyat ini orang, ini karya pertama dee yang gw baca, dan lagi kebelet pengen beli FILOSOPI KOPInya, keren sepertinya.

@Reborn: ho ohhhhhhhhhh

@Aul: hihihihihihiiiiii.......ampe nangis gak?

@Dv: bca deh pasti suka, bagus bener loh

@ewi: kalau gak dipinjemin foto copy ajah apa?

@sky: belom baca, pinjem duongggggggggggggg

@kantong plastik: beli dulu bru baca, hahahhahaaa

@yolizz: harusnya kennan mekarikan dirinya ama gw, jiakakakakakkk

@Adi: eh bacaaaaaaaaaaaaaaaaa. gw kutuk jadi kodok bercula loe

priandhani mengatakan...

brow, gw eksis lagi sekarang... \,,/_

fai mengatakan...

@priandhani: eksisnya di twitter ya pak bos? hahahahahhaa

cipu mengatakan...

fai, sudah mi saya baca filosofi kopinya Dee. unik dan menarik.

Oh iya, saya sarankan juga baca buku buku nya Fira Basuki. banyak yang bagus tuh.

Cieeee tawwa yang mau ke Prancis, tulis tulis mami di blog nah jalan ceritanya.

Jangan lupa mampir di blog ku yang lain www.okkots.com

fai, ada YM atau BBM ta kah? biar bisa japri

PRofijo mengatakan...

opo wie....?

Muhammad Chandra mengatakan...

keren nih perahu dalam kertas :D

Skydrugz mengatakan...

banyak banget tuh bajakannya di internet...

cari di indowebster.com

atau di 4shared.com

pokonya gokil deh klo dee bikin novel... :D

sky mengatakan...

di goodreads.com juga ada :D

fai mengatakan...

@cipu: besok gw mau ke grameddddddddddddddddd. gw borong semua bukunya, hahahahahaa...

gak pake BB mi ka sekarang, sejak september kembali ke nokia, hahahahaaa...

ym sang.pujangga69@yahoo.com

pasti mi gw tulis nanti perjalanannya. tak sabar ke sanaaaaaa
gw selalu kok ke okots, baca sambil ketawa2 sendiri, hahahahahaaa...sableng.

@ijo: rak ono opo2 cah ayu

@muhammad chandra: perahu dalam kertas? hahahahahahaa PERAHU KERTAS CUYYYYY

@skydrugz: kalau buku gw gak pernah beli bajakan gw cuyyyy, sori dori mori, tapi kalau DVD so pasti ke glodok, wakakakakakkk

agustinriosteris mengatakan...

sebenarnya ada bagian paling menyentuh lainnya waktu ibunya kennan(klo ga salah rena namanya ketemu ma ketut..

"terkadang hati bisa bertahan dengan pilihan lain"

pokoke love this book dah...