Selasa, 09 Maret 2010

Bumi Cinta


Gereja St. Basil< red Square

Kupijakkan kakiku di tanah durjana
Bergejolak jiwaku ketika aroma keangkaramurkaan menelusup dalam ragaku
Kupejamkan mata bathinku
Ku buka relung-relung jiwaku
Dan kubiarkan cahaya-Mu membias dalam setiap bilik jiwaku
Karena aku tau hanya Engkau yang bisa jaga aku dari setiap kenestapaan di BUMI CINTA ini.....


~by saya





Habiburahman El Shirazy is back!
BUMI CINTA, sebuah novel Pembangun Jiwa dengan setting Moskwa, Rusia. Yang merupakan Negara penjunjung tinggi masalah pornography dan kehidupan bebas. Rusia adalah surganya pencinta penganut paham sex bebas dan surganya para gay.
Adalah Ayyas, mahasiswa asal Indonesia yang merupakan tokoh central dalam novel epik ini. Kedatangannya ke Rusia untuk melakukan penelitian tentang Islam di Rusia untuk tesisnya, membuatnya mati-matian mempertahankan iman dan keislamannya.

Seperti karya-karya Kang Abik terdahulu, selain meniupkan roh Islam yang yang sangat kuat pada tokoh centralnya, Kang abik selalu menghadirkan perempuan-perempuan yang menjadi penggoda Iman kaum lelaki macam Ayyas.

sebagai Negara yang pernah menganut paham komunis yang teramat sangat kental, membuat orang-orang Rusia sebagian besar menganggap agama sebagai sesuatu yang primitf yang mengekang segala bentuk kegiatan manusia. Sehingga paham Atheis berkembang sangat kental dalam kehidupan orang-orang Rusia. Dan karakter itulah yang ditiupkan dalam sosok Linor, seorang Yahudi totok, yang berprofesi sebagai pemain Biola di orkstra besar di Rusia, Jurnalis sekaligus Inteligent rahasia Israel ,perawakannya yang dingin dan sangat memandang rendah Islam dan berusaha mati-matian meruntuhkan ke-Imanan Ayyas yang taat.

Kecantikan nonik-nonik rusia yang terkenal seantero jaggad menjadikan Yellena sebagai pelacur kelas kakap yang kerap melayani nafsu bejat para petinggi-petinggi pemerintahan sebuah negara tidak terkecuali Pejabat Indonesia yang tengah melaksadakan "tugak kenegaraan' di Rusia. hampir setali tiga uang dengan Linor, yellena pun adalah sosok muda yang mengingkari adanya tuhan, dan menjadikan Ilmu pengetahuan dan Teknologi sebagai Tuhan.

Celakanya dua nonik rusia ini adalah teman satu apartement Ayyas di moskwa. membuat pekikan setan bernama nafsu terus mengiang-ngiang di semua indera Ayyas. bahkan Istigfar ratusan kali yang dia lafalkan pun tak sanggup mendelete virus-virus keangkaramurkaan yang semakin dekat dengan pertahanan keimanannya.

Ditambah kehadiran Dokter Anastasia Palazzo, perempuan muda, penganut katolik yang taat, cerdas, ahli sejarah, assisten seorang sejarawan kenamaan Rusia sekaligus dosen pembimbing research Ayyas, dan sekaligus terang-terangan menunjukkan ketertarikannya secara sexual pada Ayyas semakin menjadikan lelaki ini berada diambang dosa.

Wawasan yang luas, ditambah pengetahuan tentang Islam yang cukup mumpuni serta merta membuat Ayaas menjadi "bintang" sekaligus "kambing hitam" aksi teroris yang dirancang geng mafia kenamaan di Moskwa setelah dia menjadi seorang pembicara diseminar tentang keTuhanan serta menjadi nara sumber di Talk Show terkenal "Rusia Berbicara".

buat gue......

Novel kang Abik kali ini terlalu DATAR, nyaris tanpa intrik berarti seperti pendahulu-pendahulunya. kelebihannya, novel ini hadir dengan setting Rusia yang sangat detail digambarkan dan dijabarkan oleh sang penulis dengan sangat apik, membuat gue berasa ada dikota itu, dengan pelbagai istilah rusia yang sulit, kuliner khas rusia yang membuat gue menelan ludah berkali-kali. Sedikit intrik politik yang dimasukkan kedalamnya yang tadinya gue harap menjadi klimaks ternyata malah tidak, membuat gue sedikit nelangsa. Plus nilai-nilai sejarah tentang rusia dan pembantaian di Palestina tahun 1982an yang terkenal sadis dan kejam membuat gue melek sejarah. dan tokoh yang kelewat sempurna yang dihidupkan Kang Abik, dengan segala atribut keislamannya terasa sedikit menggurui dibanding dengan novel2 beliau sebelumnya :)

secara keselurahan Novel ini menawarkan velue sebagai Novel Pembangun jiwa yang patut untuk dibaca dan direnungkan.

KETIKA KAMU MENINGGALKAN ALLAH, SESUNGGUHNYA ALLAH TIDAK PERNAH MENINGGALKANMU.

~salah satu mesjid di rusia~
~Kremlin Chatedrals~ ~MGU, universitas dalam nobel bumi cinta~



50 komentar:

Cerita Fin mengatakan...

Menurut penilai Fai, berapa bintang untuk buku ini? Klo menurut saya rasanya koq terlalu cheesy ya?

regards
Fin

NB: ganti nama dan blog nih.... :D

Cerita Fin mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
fai mengatakan...

*fin: heeemmm.....belom bs kometar euy. Baru aja baca ampe page 187. Tapi mulai bs bayangkan betapa susahnya mempertahankan akidah di tengah2 pendosa. Suka sama settingnya, jd nambah ilmu. Cuma bahasa2 rusianya njelimet pisan. Bikin mabok bacanya.

Kantong Plastik mengatakan...

aiihhh.. jd pengen baca.
pinjem dongg. heheh..*gak modal.

Iman Sulaiman mengatakan...

Bumi Cinta tetap merupakan novel pembangun jiwa, masih merupakan kisah romansa yang dibalut indahnya nilai Islam.

Untuk penilaian keseluruhan novel ini menurut saya masih di bawah AAC dan KCB. Tapi tetep asyik untuk dibaca :)

fai mengatakan...

*kantong plastik: photo copy aja yak? Gimane? Xixixiixii......

fai mengatakan...

*imam: sejauh ini iyah. Ky turun kelas yah. Bahkan lebih oke didalam mihrab cinta, tapi.....
Belom selesai baca, jd tar aja ah komentnya. Hehehehee....

Yolizz mengatakan...

waahhh... buku barunya kang abik yah??! belom pernah denger tentang Bumi Cinta, aku kira novel berikutnya bakalan Langit Mekkah Berwarna Merah atau yang itu emang udah keluar yah?!

fai mengatakan...

*yolizz : buku itu malah belum keluar. Ada lagi kan yg dari sujud ke sujud, kalau gak salah squel dr ketika cinta bertasbih. Tapi dibuku ini yg diceritain adiknya siapa tuh namanya yg jd tokoh utama di KKCB? Lupa!

moslem mengatakan...

wah, surprise. saya kmrn ke IBF, dan beli Bumi Cintanya kang Abik.Langsung saya hbsn smalamn. Dasyat, ceritanya b'beda dg AAC dan KCB. Lbih internasional, menggigit, full konflik, dan tak t'duga. Aku mrinding mmbaca kisah Linor yg tak lain adl Shofia. Salut bwt kang Abik, novel Bumi Cinta diatas novel AAC dan KCB mnrt saya. Rekomendasi habis deh..............

HAPIA Mesir mengatakan...

subhanallah memang indah pemandangannya.
hehe tapi saya belum baca tu novelnya.

rae_zen mengatakan...

makasih sharingannya n rekomendasinya sob

attayaya mengatakan...

bangunan mesjidnya megah-megah ya

bintang mengatakan...

belum ketemu bukunya
liatnya juga baru kali ini
kang abik dalam novelnya selalu mengangkat pemuda yang tinggi keimanannya. mungkin pesan tersembunyinya adalah. lelaki adalah pemimpin kepada perempuan. jadi kudu bisa bimbing. gitu kali ya fai

fai mengatakan...

*moeslem : gileeeee....kuat banget habisin novel 545 halaman dalam semalam! Ckkkkk.....ckkkkk.... G aja tiga hari.
*hapia: cepetan baca, keburu habisssss.....
*rae: tengkyu dah berkunjung. Berkunjung dua kali lg dapet PAYUNG CANTIK!
*attaya : hooh, cuma ada 5 masjid disana.
*bintang : tapi kelewat sempurna. Hadohhhhhhh.....

eve mengatakan...

Iya,entah kenapa saya merasa kalau novel Kang Abik itu terlalu biasa (maaf untuk ungkapannya, secara saya juga enggak bisa nulis novel). Hanya kesan tempat yg saya ingat setiap selesai membaca novelnya..

Dhe mengatakan...

emm.. novel barunya kang Abik yah?
resensinya sptnya menyuruhku untuk membaca spenuhnya..
tp apa dah da yg jual ne di kotaku??
tar dhe cari ahh

tq infonya ^^

fai mengatakan...

*eve: betol sekali, jd pengen ke rusia.
*dhe : harusnya udahlah. Coba ke gramedia.

Susy Ella mengatakan...

bro......aku malas bacanyaa....nanti kalo dah selesai...tolong kasih tau..ending gimana??? xixixiiii....

lezi mengatakan...

aku nunggu ebooknya aja deh.... hihihihihi. kalo ada uploud dung...

lezi mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
fai mengatakan...

*sussy ella: dahhhhh kelaaarrrrr....endingnya gantung! Gak jelas bagaimana akhir hubungan ayyas (tokoh utama) yg ditaksir sama dosen pembimbingnya (anastasia pallazo) gak jelas bagaimana akhir penanganan kasus pemboman yg mengkambing hitamkan ayyas.
*lezi : emang ada? Kayanya gak deh.

Anazkia mengatakan...

Banyak yang bilang endingnya menggantung, jadi penasara pengen baca. Maaf ya Iz, jarang ke sini. Inet di rumah ngambekan mulu, ini aja pake inetnya tetangga hehehe...

Tapi, kalau saya lihat tulisan2 kang Abik, dia kaya dalam mendskripsikan sesuatu. Meskipun kalimatnya agak panjang2. gak tahu deh dengan novel yang ini.

fai mengatakan...

*anazkia: gantung buanged. Mungkin ada squelnya, heheheee.....
Makanya kalau pesen internet(indomie telor kornet) dibayar dong

sutarno putra mengatakan...

Aku setuju dg moslem. Ndak tau tuh, knp ktk aku bc novel2 Kang Abik, selalu trhnyt jg saat bc Bumi Cinta ini. Aku 24 jam nonstop dan br selesai bc Bumi Cinta. Jujur, novel2 Kang Abik lah yg msh mmbuat aku percaya Tuhan itu ada walaupun di dunia nyata aku mrs Tuhan itu misterius. Yg jelas usai bc BC aku mkn percaya tntng adany Tuhan. Pnjlsnnya bgt dsyat. Mnrtku kang Abik mmng jago bgt menulis novel. Byk kejutan2nya.Dan mnrtku jg novel BC ini bikin org2 yg tak suka sm Islam, mkn kebakaran jenggot.Apalagi org2 komunis, atheis,& liberalis. Dijamin gak suka sm novel2 Kang Abik. Dan aku curiga sm Kang Abik, jngn2 Bumi Cinta sngj disiapkan sbg antitesis Bumi Manusia spt Ayat-Ayat Cinta seolah2 mnjd antitesisnya Ayat-Ayat Setan. Ini hny pndptku stlh mnuntaskan Bumi Cinta. TOP bwt Kang Abik dan maju terus....

ALdO AKiRA mengatakan...

AsSaLaMuaLaiKuM uSTaDz FAi..
waH eNtE eMaNG MaNtaFFf!
SaLuT aNe..

Little Business mengatakan...

salam kenal, wakh keren blog, tukeran linknya yuk

fai mengatakan...

*sutarno: analisanya oke juga bro.
*ALdO : eh ada bu ustadzah, qiqiqiiqiiiii....alhamdulilah.
*little : tengkyu sob, boleh.....bolehhhhhh

PRof mengatakan...

wedew....baru ngilang bentar dah ketinggalan sekian banyak informasi....Ada toh Novel Bumi Cinta..???

fai mengatakan...

*prof: mau gue pinjemin? kesini gih.

aviorclef mengatakan...

-_-_-_-_-_-_-Cosmorary-_-_-_-_-_-_-
Assalamualaikum,
*******Salam ‘Blog’!!*******
“””Makasiuh dah mampir ke blog saya....
Puisinya indah...
Saya suka sajak di awalnya..durjana..pilihan diksinya mantap...
BTW, mas tanya saya dapat theme darimana?? Dari www.kerlipbintang.com
”“”
-_-_-_-_-_-_-Cosmorary-_-_-_-_-_-_-

fai mengatakan...

*aviorclef: tengkyu brother.

blogdunia mengatakan...

wah gereja atau istana aladin tuh,,
mas ditunggu kunjungan baliknya ia.
di blogdunia

aviorclef mengatakan...

-_-_-_-_-_-_-Cosmorary-_-_-_-_-_-_-
Assalamualaikum,
*******Salam ‘Blog’!!*******
Mampir ke blog sahabat, lagi,,,,
Kunjungan di hari minggu yang damai….

dedi mengatakan...

i luv this earth

moenas mengatakan...

kaya istana brow,,,.,.,

lelaki aneh mengatakan...

*blog dunia: keren ye?! Ky dinegeri dongeng.
*avior : walaikumsalam warahmatulahi wabarakatuh. Silahkan duduk.
*dedi : me too!
*moenas : mau cr pacar orng rusia yg punya warisan ky istana itu. Qiqiqiqiiiii....

J O N K mengatakan...

hadoh, hadoh, jadi ahli buat review buku inih.

ehm, gimana ya kalau seandainya gw yang ke Rusia, terus saatu apartemen sama cewek2 yang begituh. gak bakal kuat kayaknya hhahahaha

J O N K mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
fai mengatakan...

*jonk : kalau loe yg kesana, gue rasa IMAN mah kuat, tapi IMRON loe yg berontak. Wakakakakkkk.....

Jun mengatakan...

tapi bukankah dari dulu karya kang abik tidak ada konflik yg berarti? seperti ayat" cinta dan ketika cinta bertasbih kan nyaris semua karaternya hatinya baik--jahatpun hanya dikit :)

tapi itulah ciri khas kang abik ;)

lelaki aneh mengatakan...

*jun: yah namanya juga novel pembangun jiwa, kan novelnya bukan naskah sinetron. Heheheee.....

Anonim mengatakan...

novel yang lumayan bagus, tetapi sangat berbeda dari novel-novel sebelumnya, saya cenderung lebih menyukai novel-novelnya yg terdahulu

ridhobustami mengatakan...

resensi yang menarik......

mari membaca

Anonim mengatakan...

menurut saya,bumi cinta mempunyai sisi ke unikan yang lain di bandungkan dengan novel2 sebelumnya.setting rusia sebenarnya bisa mewakili kehidupan remaja di bumi manapun,hanyamkalau rusia sudah terang2an freesexnya,lah kalo negeri ini masih malu2 kucing,tapi asasnya sama(red;maksiat).bumi cinta,menggambarkan tentang sejarah rusia(ideologis komunis),tentang palestina,dan akidah yang di kemas dengan pembahasan yang elegan.teruslah berkarya kang abik...kami menunggu karya2mu.

Anonim mengatakan...

ini akan menjadi novel pertama yang saya baca
MUHAMMAD MA'RUF RAHMAT JAHUDDIN

Fahri Fauzan mengatakan...

menurut gue Novel kang abik yang ke-8 ini pennuh dengan nilai sejarah terutama ketika Ibu angkat Linor menceritakan teragedi pembantaian di Palestina.....!!

setelah gue baca dan ngbayangin kota moscow itu kaya gimana yah.....!!

hoNey guThe mengatakan...

ada yg tau link bwt download novelny gag ?

Toko Gundam Online mengatakan...

wah seneng baca novel yh bro, ga terlalu minat baca novel tp yang seneng sih berguna banget reviewnya.. thanks and salam kenal yh..

ilmi mengatakan...

hatur nuhun reviewnya...selengkapnya ada di :
http://kafebuku.com/bumi-cinta/