Selasa, 28 September 2010

Mendadak Linglung


Temen chat: "Kerja dimana?"
Gw: *Mikir mau jawab apa* lalu memutuskan untuk cari aman dengan cara balik tanya dia "Loe sendiri gawe dimana?"
Temen chat: "Gw kerja di BURSA SAHAM."
Gw: "Wew, cool!"
Temen chat: "Nah loe sendiri belom jawab gawe dimana?"

Gw: *Diam seribu bahasa*

Beberapa tahun lalu gw bisa jawab pertanyaan ini dengan sangat mudah tanpa mikir panjang "Gw gawe di EO, gw Production Manager" atau gw akan jawab "Gw kerja di consultant" atau setahun lalu gw akan jawab pertanyaan ini dengan senyum sumrigah "Gw gawe disalah satu butik di Kemang sebagai Fashion Designer".


Tapi kali ini pertanyaan yang begitu mudah itu membuat gw mikir sejuta kali untuk keluarkan statment, padahal gw punya pekerjaan, pekerjaan yang mungkin dimengerti segelintir orang tanpa gw harus menjelaskan panjang kali lebar kali tinggi, tapi kenyataannya lebih banyak yang tidak mengerti dan cenderung pasang muka bloon dan meremehkan apa yang gw kerjaan.

Yup, tidak bisa dipungkiri, dluar sana sebagian besar orang beranggapan seseorang itu dianggap punya pekerjaan kalau bekerja di sebuah perusahaan Multi Nasional di kawasan bisnis dengan kemeja garis-garis, celana panjang bahan mengkilap habis disetrika semalaman, lengkap dengan sepatu pantofel mengkilat dan dasi panjang melewati ikat pinggang, jam kerja nine to five dan gaji bulanan yang pasti walau tak seberapa nilainya.

Tapi gw?
yang bekerja dibidang di bidang Industri kreatif yang cenderung rumahan, gak semua orang mengganggap apa yang gue kerjakan adalah sebuah pekerjaan melainkan hobby semata. bertahun-tahun lalu gw mungkin adalah sebagian besar orang-orang itu, yang bekerja dikantor dengan Bos yang selalu bersikap sok bos, tapi gw mendadak merubah mindset gw, bahwa sekarang jaman sudah sedemikian maju dengan teknologi yang sangat mendukung untuk dijadikan fasilitas mujarab untuk berwirausaha, STOP bekerja untuk orang lain, sudah waktunya untuk bekerja bagi diri sendiri.

Untuk itu gw, kemudian yang setahun terakhir bekerja sebagai Fashion Designer di sebuah butik dikawasan elite Selatan Jakarta memutuskan untuk hengkang dari sana dan membuat clothing line gw sendiri yang gw pasarkan melalui Internet. Jejaring Sosial yang mewabah gw jadikan Kantor gw, Microbloging yang merasuki semua orang di Indonesia Raya ini gw jadikan Marketing gw, dan dengan kemampuan gw berkhayal gw goreskan design demi design imajinasi gw dan gw jadikan baju untuk layak pakai. Gw tidak hanya membuat lahan pekerjaan buat diri gw sendiri, tapi setidaknya juga bermanfaat bagi orang-orang yang bersinggungan dengan pekerjaan gw, ada penjahit, ada penjual bahan, ada photographer, ada model, ada make up artis, tapi entah kenapa pertanyaan-pertanyaan yang selalu dilontarkan oleh orang-orang sekitar gw termasuk temen chat gw mengenai gw bekerja dimana membuat gw befikir sejuta kali untuk menjawabnya.

35 komentar:

Abu Kila mengatakan...

pertamax gan...

cool job... don't worry.. i understand dah....

yuniarinukti mengatakan...

Klo itu sih gampang jawabannya Mas...
Temen chat: "Kerja dimana?"
"Gw Boss internet"
beres dah.... hehe...

yee... mentang-mentang juragan internet, blognya ganti-ganti nih.. pantes pas main kesini aq bingung, kok penampilannya beda...

Fei mengatakan...

@agus: kalau loe gak ngerti juga mah kelewatan, langsung gw sunat. hahahahaaa

@yuni: ide briliant! cuma punya dua blog kok, yg satu khusus buat jualan jadi semacam showroom, kalau blog yg ini emang buat nulis, karena suka nulis. heheheheee

Pencerah mengatakan...

ane suka usaha lo...
go ahead

fai mengatakan...

@pencerah; seperti kata pencerah, selalu mencerahkan disaaat gundah gulana. haikssss

Trio Envy !!! mengatakan...

gak semua orang berani untuk 'out of shell' spt kamu :) setiap pekerjaan itu punya keistimewaannya masing2 koq, PD aja, hehehe ... yang penting kita enggak dengan sengaja merugikan orang lain, it's all that matters, ok? - Ai

Farrel Fortunatus mengatakan...

jawab aja, kerja sebagai kacung diri sendiri he he he...

bahamutrule mengatakan...

it's a great job, apalagi kalo elo sukses

keep the spirit :)

Fei mengatakan...

@trio envy: Mari kita PD, tengkyu spiritnya, haikssss

@Farrel: hayahhhhh good answear, perlu dipraktekkan

@Bahamut: Aminnnnnnnnnnnnnnnnn *kuenceng*

Trio Envy !!! mengatakan...

sip! hehe ... gak semua orang lho bisa kreatif seperti itu, hihi... contohnya diriku, yang dulu setiap SD selalu aja bikin guru2 kesenianku hipertensi melihat hasil karyaku yang hancur minah *hihihi - Ai

melynsalam mengatakan...

ehe, kata papaku, terkadang, lebih nikmat ngegaji orang sejuta daripada digaji org beberapa juta. =p

fai mengatakan...

@trio envy: untung bukan gw guru kesenian loe, biasa tiap mnggu masuk rumah sakit, wakakakakakkkk

@kantong plastik: setujuuuu, dulu gw di haji sekarang gw sudah bisa mengaji beberapa juta untuk orang lain, hahahahahahahaa...

bliyanbayem mengatakan...

kan lebih bagus yang sekrang mas...
jadi menurut saya sih nggak perlu linglung lagi.

eRniTa GaYaTRi mengatakan...

ASLI!!! gw salut banget sm orang2 yg brani kluar dr 'zona nyaman' utk menantang kemampuan diri sendiri kayak lo gini...

SEMANGAT!!! ;)

Skydrugz mengatakan...

self employee gitu ya?

Fei mengatakan...

@bliyan: hemmmmm..iyah juga yh, semangattttttttttt

@Ernita: cuma perlu nekad untuk keluar dari zona nyaman. sekarang masuk lingkaran setan untuk sementara waktu. heheheheee

@sky: betul sekali pak sky, lebih mudah atur waktu untuk diri sendiri, dan masih bisa ngelakuin banyak hal di luar rutinitas.

Miawruu mengatakan...

wahhh,,bagus donk. Bekerja buat diri sendiri dan malah ngebuka lapangan pekerjaan bagi org lain.

kenapa harus bingung atau 'malu' utk itu? toh tmp org kita bekerja jg milik swasta, dimana dia bekerja utk dirinya sendiri jg (jadi bos) dan membuka lapangan buat kita utk bekerja dg dirinya? dan skrg saatnya kita utk meniru si boss itu walo usaha kita bisa di bilang masih pemula dan kecil2an

tapi ingatlah,,, ga ada yg namanya suatu perusahaan begitu lahir lgsg menjadi besar. Smuanya butuh proses, dan proses itu pasti berawal dari nol dahulu.

Dan inilah masa titik nol bagi kita utk memulai suatu yg besar utk ke depannya. Amieeeen,,,,

Sandra Azwan mengatakan...

Hello fai...terima kasih bangat kerana sudi meninggalkan komentar anda di blog saya.....ur blog in my list now!!

ReBorn mengatakan...

gw sangat menghargai enterpreneur lho. klo ditanya, kan tinggal jawab wirausaha. gampang toh? asli lu keren!

tapi masih kerenan gw sih. ghehe..
ijin follow ya sob.

fai mengatakan...

@kucing tengil: every body starting from the zero to be hero, hehehehee...

@Sandra Azwan: dont mention it, i always visiting ure blog. cause u are so inspiring. bythewat thanks to following my blog

fai mengatakan...

@reborn: Gubrakkkkkkkkkkkk

Adi Yulianto mengatakan...

MANTABH! (pake huruf BH,bukan p atau b lagi..)

memilih untuk keluar dari zona nyaman, memang sulit. Tapi hidup itu pilihan.. (sotoy gw omongannya hahaha)

klo ditanya, bilang aja lu Designer butik kenamaan dan terkenal..^_^

fai mengatakan...

@Adhi budhi: walah walah ngeriiiiiiii sarannya, hahahahahahaa

penghuni60 mengatakan...

haha.. ada yg nanya kok bingung jwb ya..
emang sih, justru membangun pekerjaan sendiri itu yg bikin nyaman, ada sebuah pepatah:
"senangilah pekerjaanmu, kalo gak seneng ngapain dikerjakan"

aku cm bs ngedukung km sob, apapun pekerjaanmu...!

slm knl ya.

Science Box mengatakan...

Lakuin apa yg km senangi sobat, toh rejeki bs didpt dari mana aja..
kalo ada yg nanya, jwb aja jujur ngapain bingung...

justru kalo jalur internet itu, menurut saya sih, jalur sumbernya uang.. itu bagi siapa aja yg pantang menyerah.

so, good luck! smoga sukses ya!

fai mengatakan...

@penghuni60: thanks buat dukungannya yah sob
@science box: i do my friend

Unknown mengatakan...

Great job!!!



xoxo :D*

fai mengatakan...

@ivania: do you understand what i say?

PRofijo mengatakan...

Aku malah pengen wiraswasta jue....

fai mengatakan...

@profijo: hayu atuhhhhhhh......eh belom bisa keluar rumah. masih tewas, hiksssss

Aul Howler's Blog mengatakan...

HEhe...

Kerennnn....

bangetttt....

Tertarik untuk saling follow bang Fai...?

fai mengatakan...

@auls home: sok ajah di follow, tar gw follow back;)

Aul Howler's Blog mengatakan...

Following back....

Trims udah follow ya bang...

:)

Rubiyant|Photo mengatakan...

Wah keren banget ruang kerjanya ....


dan hampir sama dengan kau, aku juga bingung kalau ada orang menanyakan pekerjaan aku mas. Kerja di rumah, full time, dan yang pasti pekerjaan freelance yang sebenarnya cuma sambilan malah jadi kerjaan pokok aku, serabutan lah, dan yang harus disyukuri yang penting job ngga sepi, dari mulai instalasi komputer, olah data SPSS dan lain-lainnya lagi, membuat aku mutlak di ruangan. Dan sampai-sampai tetangga jauh juga ngga tahu tuh aku kerja apa .....

jadi bingung juga kalau ditanya kerja apa, tapi kalau pas chating, aku paling duma bilang freelance, atau kerja serabutan, ato kuli he he he, kuli kertas ....!!!!

Salam kenal mas,

fai mengatakan...

@auls: sami-sami, sering-sering main kesini yak

@rubiyanto: sesok-sesok kalau ada yg tanya kerjaan gw, mau juga gw jawab gitu ah, kerja serabutan, hihhihihihhiiii