Minggu, 28 Januari 2018

Ngerayu Tukang Jahit




Braidsmate dan Grooms, begitu sebutan untuk pager ayu pengantin di jaman milenial seperti sekarang. 

Pernah jadi braidsmate atau grooms? 

Dulu jaman gw SMA, gw dan beberapa kawan sepermainan pernah dibayar untuk jadi pager ayu dipesta resepsi pernikahan yg gw gak tau itu siapa. Pokoknya baju disiapin kelar acara gw dibayar. Itu yang gw tau. 50ribu honor yg gw terima, dan nominal itu sudah cukup besar saat itu. 

Nah, kalau di daerah-daerah biasanya yg jadi rombongan pager ayu adalah sanak saudara dr kedua mempelai pengantin Jika berasal dr keluarga yang bias-bias kasih,  dan kalau datang dari keluarga kaya raya biasanya akan sewa jasa pager ayu yg banyak di tawarkan oleh sanggar pengantin. Sementara jaman now, Trendnya sudah jauh berubah. Keluarga sudah duduk manis di area VVIP bersama tetamu terhormat lain, menikmati berbagai menu panganan dimeja prasmanan sambil menikmati pesta. 

Lalu, dipernikahan jaman now, garda braidsmate dan grooms adalah orang-orang dari lingkaran pertemanan dari kedua belah pengantin. Nah, yang jadi soal sekarang adalah, dalam persiapan pernikahan ada satu post budget baru yang disiapin oleh si kedua pengantin. 
Menyiapkan kain seragam untuk braidsmate. Sementara grooms biasanya cenderung hanya memakai jas/suite, terkadang juga diberi batik, tergantung konsep pernikahannya.

Lalu, orang-orang yang mendapat "kain" jatah buat seragam reaksinya akan berbeda-beda.
1. Kalau dia banci tampil dan punya banyak uang (atau dipaksa-paksain punya uang) biasanya preperationnya ngalah-ngalahin pengantin. Ini serius! Mereka akan mulai sibuk cari-cari referensi design baju yang banyak bertebaran di google. Begitu dapet model sesuai yg diinginkan tinggal bawa kepenjahit langganan, soal uang cincay asal baju impian bisa terpenuhi. Nah tipe braidsmate yg begini pasti akan datang ke dressmaker A.K.A penjahit langganan yg sudah terpercaya kualifikasinya. . Atauuuuuu, untuk mereka yg cukup punya uang akan langsung datang ke Designer, dan setelah itu mulai kepoin social media make up artist demi penampilan paripurna. Yg punya banyak duit akan hire make up artist kenamaan yg lagi hipe di socmed.

Lalu.....

2. Ada juga tipe bridesmate yg awalnya girang bukan kepalang ketika mendapatkan kain seragaman, lalu setelah itu mulai mengeluh karena bisa jadi dalam sebulan ada beberapa kawan yg akan menikah dan selalu kebagian kain seragam, yg artinya mereka akan terpaksa menggelontorkan uang yg lumayan bikin kantong menipis. Solusinya apa? Datang ketukang jahit (dipilih secara random), bawa referensi dr majalah atau hasil captur-an dr internet buat di copy paste. Paling hanya nambah atau ngurangin detail, biar gak kentara nyontek karya orang. Lalu, biasanya akan mulai pasang sejuta rayuan gombal demi mendapatkan harga miring dr penjahit. 
"kan cuma gitu doang, simple kok, jangan segitu dong harganya." atau "Kita kan nanti jadi langganan mas, bulan ini ada banyak kawinan nih, tar kan jahit lagi. Kurangin ya." dan rayuan paling paripurna dan sangat lazim "Nanti aku kenalin ketemen-temenku yg lain loh, bulan depan banyak kawinan nih. Harganya diskon yaaaaa."

Loe tipe braidsmate yg mana? 


12 komentar:

Puputse mengatakan...

gw yang tipe dapet batik lengan panjang udah seneng banget, apalagi setelah itu dikasih bingkisan sama yg manten. wakakkakakak murah ya gaya gw

Vanisa Desfriani mengatakan...

Beberapa kali jadi bridesmaid di nikahannya temen, langsung di sediain baju dll nya sih. Tinggal bawa diri aja hehe

temen kerja ada yg mau jd bridesmaid beberapa minggu lagi dan ternyata susah nyari tukang jahit jaman sekarang. Mahal2 ya, dan prosesnnya lama :D

M. Hudatullah mengatakan...

tipe seksi konsumsi bagian pencicip makanan

andi nugraha mengatakan...

Memang gitu ya saat ini agak susah cari yang murah kalau jait. Tapi ya itu tugas kita untuk pintar-pintar cari yang profesional..

Aul Howler's Blog mengatakan...

Iya bener. Trend jaman now -_______-

Syukurlah gue cowok gampangan. Dikasih batik jadi terima-terima aja. Kegedean tinggal digulung lengan sama masukin pinggang celana. Kekecilan tinggal dilapis kaos polos terus dibiarin gak terkancing.

Engga ada tuh jait-jait apa segala macem

Satu-satunya seragam jait ku baru seragam keluarga buat wisudaan wkwk
Senangnya jadi cowok. Tak terjerat trend cewek yg super duper boros dan unfaedah itu -____-

Fei mengatakan...

Hahahah bingkisan berupa gantungan kunci atau kipas lipat juga dah seneng bgt ya cuy? Hahahah

Fei mengatakan...

Kan bikin baju di jahit mbak, gak digoreng kek tempe mendoan. Ada kok yg bisa express tapi harganya bisa dua kali atau tiga kali lipat

Fei mengatakan...

Hahahahah

Fei mengatakan...

Profesional means harganya gak akan murah bung.

Fei mengatakan...

Beda beda tipis antara gampangan atau ogah rugi. Hahahahahha

GE MAULANI mengatakan...

Aku baru tahu bang kalau pager ayu eh bridesmaid sama grooms bisa disewa nyahaha.

Aku sih tipe yang seringnya nolak jadi pager ayu 😂
mending jadi tamu biasa aja

Fei mengatakan...

Bisa bgt. Hahaha iyalah mending jd tamu biasa. Jd tamu aja repot kan apalagi jadi braids atau grooms